Perbedaan DNA dan RNA

Perbedaan DNA dan RNA – Kali ini aku akan membahas tentang DNA dan juga RNA dengan lengkap dan juga akan memudahkan anda agar bisa paham. Sebenarnya DNA dan RNA ini adalah sebuah organel sel yang menjadi awal dari sebuah kehidupan dari organisme.

Dengan pentingnya 2 organel tersebut maka aku akan membahasnya dari pengertiannya, fungsi dari dna dan rna, dan yang terpenting adalah perbedaan dari kedua organel tersebut. Inilah pembahasannya.

Perbedaan DNA dan RNA
Gambar Perbedaan DNA dan RNA

Perbedaan DNA dan RNA

Pada 2 organel ini dna dan juga rna mempunyai banyak sekali perbedaan. jika kita lihat dari sisi bahasanya DNA merupakan singkatan kata dari Deoxyribo Nucleic Acid atau asam deoksiribosa nukleat, lalu untuk RNA merupakan singkatan dari Ribonucleic Acid atau asam ribosa nukleat.

Dalam pengertian kedua organel ini juga berbeda dari dna yang merupakan gugus asam amino rantau ganda yang berperan dalam mengendalikan aktifitas genetis dan juga sintesis protein dengan 3 kandungan basa nitrogen yaitu gugus fosfat, pirimidin, dan purin.

Lalu untuk RNA merupakan gugus amino yang mempunyai rantai tunggal dan mengandung 2 basa nitrogen saja yaitu pirimidin dan purun. RNA juga berperan untuk melakukan sinteis protein. Untuk Lebih jelasnya baca artikel ini sampai ke bawah.

  1. Pengertian DNA dan RNA

    Sebelum membahas perbedaan dari DNA dan RNA sebaiknya kamu mengetahui apa itu DNA dan RNA. DNA sendiri adalah deoxyribonucleic acid atau asam deoksiribosa nukleat.

    DNA juga merupakan jenis dari biomolekul yang berperan dalam menyimpan dan menyandi instruksi – instruksi genetika pada tiap organisme dan banyak jenis virus berupa asam nukleat yang di dalamnya ada sel makhluk hidup.

    DNA juga mempunyai susunan materi yang akan membentuk sebuah kromosom dan informasi genetika yang disimpan di tubuh makhluk hidup. Lalu untuk RNA atau asam ribonukleat ini merupakan molekul polimer yang berperan dalam mengkode, dekode, regulasi, dan ekspresi dari gen.

    RNA adalah makromolekul yang mempunyai fungsi untuk menyimpan dan menyalurkan sebuah informasi genetika.

  2. Perbedaan DNA dan RNA

    Selanjutnya kita akan membahas tentang perbedaan dari DNA dan RNA. Ada 6 perbedaan dari DNA dan juga RNA. Berikut perbedaan dari DNA dan RNA :

    1. Fungsi

      Perbedaan pertama dari DNA dan RNA adalah pada fungsinya. Untuk fungsi dari DNA lebih kompleks dibandingkan RNA, yaitu sebagai pengendali aktifitas dari genetis atau sebagai faktor keturunan dan untuk kegiatan sintesis protein.

      Sementara untuk RNA hanya berfungsi sebagai pengendali dalam sintesis protein.

    2. Letak

      Letak dari RNA dan DNA ini juga berbeda. Untuk RNA biasa ditemukan pada beberapa organel sel diantara lain pada inti sel, sitoplasma, dan juga ribososm. Sedangkan untuk DNA umumnya bisa ditemukan hanya di inti sel saja.

    3. Bentuk dan Ukuran

      Selanjutnya bentuk dan ukuran daru DNA dan RNA juga berbeda, untuk RNA merupakan gugus asam amino rantai pendek, sedangkan untuk DNA gugus amino rantai ganda.

      Untuk ukuran pada DNA biasanya lebih panjang dan juga mempunyai bentuk bulat, sedangkan untuk RNA lebih pendek dan bentuknya yang lebih tipis dari DNA.

    4. Komponen Gula

      Pada DNA dan RNA ini mempunyai komponen gula yang menyususnnya berbeda. Pada gugus gula DNA adalah deoksirobosa, sementara pada gugus gula yang menyususn RNA adalah ribosa. Deoksiribosa sendiri adalah penggabungan 2 gugus gula ribosa.

    5. Jenis Basa Nitrogen

      Selanjutnya adalah perbedaan DNA dan RNA dari sisi jenis basa nitrogennya. Pada DNA mempunyai 3 basa nitrogen seperti purin, pirimidin, dan juga gugus fosfat, Sedangkan pada RNA hanya ada 2 basa yaitu purin dan pirimidin.

      Kandungan pada purin sendiri ada 2 yaitu adenin dan guanin, sedangkan pada pirimidin ada sitosin dan urasil.

    6. Kadar

      Untuk perbedaan terakhir ini adalah di kadar. Perbedaan dari kadar jenis basa nitrogennya. Untuk DNA mempunyai kadar yang bersifat statis karena tidak dipengaruhi aktifitas sintesis protein maupun aktifitas genetis sedangkan RNA berubah karena adanya aktifitas sintesis protein.

  3. Fungsi dari DNA dan RNA

    Untuk fungsi dari DNA dan RNA ini semuanya mempunyai perbedaan seperti DNA mempunyai fungsu untuk membawa materi genetika sebuah generasi ke generasi berikutnya, mengontrol sebuah kehidupan dengan langsung ataupun tidak, Sebagai sebuah katalis atau penggandaan diri, dan untuk heterokalis atau DNA akan melakukan sintetis ke sebuah senyawa lain.

    Sedangkan untuk fungsi dari RNA sendiri adalah untuk penyimpanan sebuah informasi,dan untuk perantara DNA dan juga protein pada sebuah proses ekspresi genetika karena berlaku pada organisme hidup.

Demikianlah penjelasan dari perbedaan DNA dan RNA pada artikel ini semoga anda bisa memahami isi dari artikel ini dan semoga artikel ini bermanfaat juga untuk kamu. Artikel ini juga bisa digunakan sebagai referensi anda untuk menjawab semua pertanyaan tentang perbedaan DNA dan RNA ataupun soal biologi lainnya. Sekian Terima Kasih.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*