Menu Tutup

Jaringan Epidermis Pada Tumbuhan

Jaringan Epidermis Tumbuhan – Untuk kali ini saya akan membahas pelajaran biologi yang mungkin sering anda dengar dari guru biologi anda ,dan juga anda pasti sulit untuk apa yang bisa anda pelajari dari jaringan epidermis yang ada di tumbuhan. Jadi kali ini saya akan membahas lengkap tentang jaringan epidermis tumbuhan dari pengertian, fungsi, struktur dan juga ciri – cirinya.

Jaringan Epidermis Tumbuhan
Gambar Jaringan Epidermis Pada Tumbuhan

Jaringan Epidermis Pada Tumbuhan

Pengertian jaringan epidermis pada tumbuhan merupakan jaringan yang hanya dimiliki oleh tumbuhan dan untuk hewan merupakan jaringan eitel. Jaringan epidermis ini juga mempunyai tebal yang tipis, jaringan epidermis ini juga biasanya menutup beberapa organ di tumbuhan seperti daun, batang, dan juga bunganya. Untuk ketebalan jaringan epidermis hanya satu lapis sel saja.

Jika anda masih perlu beberapa penjelasan lagi untuk jaringan epidermis ini saya akan membahas lebih lengkap lagi semoga anda bisa mendapatkan ilmu dari penjelasan yang akan saya bahas dibawah ini.

  1. Fungsi jaringan epidermis

    Adapun beberapa fungsi dari jaringan epidermis ini yaitu untuk menutup organ atau melindungi organ dari tumbuhan dan juga jaringan epidermis ini mempunyai fungsi sebagai penyokong, membatasi penguapan, dan juga bisa sebagai penyerapan sekaligus penyimpanan air.

  2. Struktur jaringan epidermis

    Struktur jaringan epidermis pada tumbuhan sebenarnya dibagi menjadi 2 yaitu lapisan epidermis atas dan juga lapisan epidermis bawah dan yang ada di antara kedua lapisan epidermis tersebut adalah jaringan sistem dasar dan jaringan pembuluh. dari kedua sistem jaringan yang diapit oleh epidermis tersebut masing – maisng mempunyai peran sendiri.

    Untuk jaringan dasar atau yang biasa disebut mesofil sering digunakan untuk fotosintesis tanaman yang fungsinya untuk merubah sinar matahari menjadi energi kimia untuk proses fotosintesis. Jaringan pembuluh pada tanaman fungsinya untuk alat transportasi pembagian nutrisi di dalam tanaman dan juga bisa sebagai pembuluh angkut air.

  3. ciri ciri jaringan epidermis

    Ciri ciri jaringan epidermis adalah mempunyai susunan sel yang sangat rapat sehingga tidak ada ruang antar sel, adanya vakuola besar dapat berisi antosianin, dinding sel berbeda dengan yang lain dan sangat beragam tergantung jenis tumbuhannya, dan mempunyai sitoplasma yang hidup dan mengandung kristal garam, kristal silikat, dan garam minyak.

Itulah beberapa penjelasan tentang jaringan epidermis yang ada di tumbuhan semoga dengan penjelasan yang lengkap pada artikel ini akan membuat anda yang membaca menjadi lebih memahami tentang pelajaran biologi dan anda juga bisa menyelesaikan soal biologi tentang jaringan epidermis tumbuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *