Menu Tutup

Enzim Amilase

Enzim Amilase – Untuk kali ini aku akan membahas tentang enzim amilase pada artikel ini dengan lengkap seperti dari pengertian, jenis dan lain – lainnya. Untuk yang belum mengetahui apa itu enzim amilase, enzim amilase sendiri mempunyai peran pada proses katalisis karbohidrat kompleks berupa amilum yang berubah menjadi karbohidrat yang sederhana.

Kenapa enzim ini dinamakan amilase karena substratnya sendiri namanya yaitu amilum dan diakhiri dengan sufiks -ase yang menajdi ciri khas nama dari enzim. Untuk kamu yang ingin lebih mengerti tentang enzim amilase ini kamu bisa membacanya sampai bawah lagi karena akan sangat lengkap lagi jika kamu baca sampai artikel ini selesai.

Enzim Amilase
Gambar Enzim Amilase

Enzim Amilase

Enzim amilase sendiri merupakan salah satu enzim yang mempunyai peranan penting pda sistem pencernaan manusia. Sejarah penemuan enzim amilase ini pertama kali di temukan dan di isolasi pada tahun 1833 oleh seseorang yang bernama anselme payen. Enzim amilase ini juga di produksi oleh kelenjar sativa yang berada pada rongga mulut dan pada pankreas. Enzim yang berada di rongga mulut mempunyai sebutan lain yaitu enzim ptyalin.

Sebenarnya enzim ini mempunyai banyak sebutan dan mempunyai tempat produksi yang berbeda – beda tetapi enzim tersebut masih mempunyai fungsi yang sama. Untuk fungsi dari enzim ini mungkin akan di jabarkan dengan jelas dan rinci dibawah ini beserta jenis – jenis dari enzim amilase ini

.

  1. Jenis Enzim Amilase

    Pada enzim amilase ini mempunyai jenis – jenisnya yang ada pada tubuh kita. Jenis dari amilase ini adalah α – Amilase, β- Amilase, dan γ- Amilase.
    1. α- Amilase

      Untuk amilase jenis ini biasa juga disebut dengan glykogenase. a- amilase sendiri merupakan amilase yang bekerja pada kalsium. Kalsium juga mempunyai fungsi sendiri pada kinerja enzim ini yaitu sebagai kofaktor untuk penyusun enzim.

      Hal tersebut bisa berdampak saat tidak ada ataupun saat kekurangan senyawa kalsium kerja dari enzim yang tidak bisa mengkatalis reaksi kimia. Enzim ini juga merupakan jenis amilase yang sangat utama di hewan yang bekerja di pH netral yaitu sekitar 6,5 sampai 7. Walaupun utama di hewan namun ada juga di tumbuhan, bakteri, dan juga fungi.
    2. β- Amilase

      Amilase ini merupakan hasil dari sintesis dari tumbuhan, fungi, dan juga bakteri. Untuk jenis amilase ini tidak ada pada hewan. b- amilase juga bekerja pada lingkungan yang lumayan asam yaitu pada ph 4 sampai 5. Kamu bisa menemukan amilase ini di biji tumbuhan.

      Fungsi dari amilase ini adalah untuk memecah amilum untuk menjadi maltosa ataupun glukosa supaya bisa memenuhi perkecambahan biji tumbuhan.
    3. y- Amilase

      Untuk enzim yang ini merupakan jenis enzim amilase yang sangat asam. y- amilase ini juga mempunyai tingkat keasaman pH yang optimum untuk enzim yang lainnya yaitu 3. Enzim jenis ini juga hanya ada pada bakteri asidofilik dan di fungi.
  2. Fungsi Enzim Amilase

    Setelah tadi kita membahas tentang jenis – jenis dari enzim amilase ini dan juga enzim tersebut banyak sekali yang berkaitan dengan fungsi katalis senyawa kompleks pada saluran pencernaan. Enzim – enzim tersebut juga dihasilkan oleh sel kelenjar yang mempunyai hubungan dengan pencernaan. Berikut fungsi dari Enzim Amilase
    1. Untuk Aplikasi Medis

      Pada dunia medis enzim ini mempunyai manfaat yang sangat penting. Enzim ini bisa menjadi anti inflamasi yang diakibatkan oleh antigen yang menyebabkan sekresi histamin. Enzim inijuga mampu mengatasi masalah yang terjadi di kulit seperti alergi, dermatitis, dan eksim.

      Ada juga fungsi lain yang telah ditemukan dari enzim ini yaitu untuk terapi penderita radang pankreas. Enzim ini juga di produksi oleh kelenjar pankreas.

      Untuk penderita radang pankreas mempunyai masalah pencernaan karbohidrat hal tersebut bisa dilihat saat mengukur kadar amilase yang ada di dalam darah, jika amilase pada darah kurang dari normal maka hal itu menunjukan bahwa terjadi kelainan pada pencernaan karbohidrat.

      Untuk mengobatinya penderita radang pankreas ini biasanya diberikan amilase yang bisa mengatasi masalah pada metabolisme karbohidrat.
    2. Untuk Fermentasi Glukosa

      Organisme anaerob yang merupakan penghasil energi melalui jalur anaerob atau tanpa menggunakan udara, enzim ini mempunyai fungsi untuk memecah zat tepung agar menjadi zat yang lebih sederhana seperti glukosa.

      Hal ini juga terjadi pada fungsi dan juga bakteri. Aktifitas organisme juga dimanfaatkan sebagai pengolahan ataupun pembentukan makanan fermentasi seperti tape, sake, dan juga bir. Biasanya hasil dari fermentasi makanan akan menjadi manis dan juga ada alkoholnya.
    3. Untuk Memecah Tepung

      Dari beberapa fungsi tadi sebenarnya fungsi utama dari amilase ini adalah sebagai pemecah zat tepung yang merupakan senyawa karbohidrat yang kompleks dan akan di pecah untuk mendapatkan senyawa yang lebih sederhana.

      Di sistem pencernaan seperti di hewan dan manusia, enzim ini akan disekresikan pada dalam rongga mulut dan di lumen duo denum. Dengan adanya enzim ini, zat tepung bisa diolah agar menjadi senyawa yang sederhana.

      Setelah menjadi senyawa yang sederhana lalu akan dilanjut dengan diserap oleh tubuh untuk menjadi sumber utama nutrisi sel agar bisa menghasilkan energi.
  3. Proses Kerja Enzim Amilase

    Enzim ini mempunyai peran untuk mengkatalis sebuah proses pemecahan pati atau karbohidrat yang akan menjadi gula. Amilase sendiri ada pada air liur. Proses pencernaan karbohidrat secara kimia akan mengubah sebagian besar karbohidrat menjadi gula dan prosesnya terjadi di mulut. Hal ini akan dirasakan kita saat kita memakan nasi lalu setelah di kunyah akan terasa manis.

    Bukan hanya di mulut proses pencernaan menggunakan amilase juga ada di pankreas. Kelenjar pankreas sendiri juga menghasilkan enzim ini untuk menghidrolisis karbohidrat yang akan menjadi disakarida dan trisakarida.

    Dengan bekerjanya amilase yang juga dihasilkan pankreas karbohidrat akan bisa diserap oleh usus dalam bentuk glukosa lalu setelah diserap akan diubah tubuh agar menjadi energi.
  4. Sifat Enzim Amilase

    Enzim ini juga mempunyai sifat yang bisa disintesis oleh sel yang dilakukan di dalam sel. Dalam sel enzim ini mempunyai tempat yang khusus seperti contoh enzim yang ada di siklus krebs mempunyai letak di matriks ekstraseluler, sedangkan untuk enzim yang ada di proses glikosis ada di sitoplasma sel.

    Enzim hanya akan dihasilkan ataupun disintesis saat sel tersebut mempunyai gen untuk enzim tersebut. Suhu untuk enzim sama dengan sel, untuk kecepatan laju reaksi yang dikatalisis enzimakan meningkat seiring meningkatnya suhu. Saat suhu yang tinggi enzim mengalami denaturasi. Untuk membuat enzim tidak aktif maka suhu harus 0 derajat.

    Pada lingkungan sekitar tingkat keasaman dari enzim adalah netral atau tidak asam ataupun basa. Saat pH sangat asam ataupun terlalu basa maka enzim akan cenderung kurang aktif.
  5. Pengertian Enzim Amilase

    Enzim adalah biomolekul yang seperti protein dan juga mempunyai bentuk bulat. Enzim sendiri terdiri dari satu ataupun lebih ranti polipeptidanya. Biasanya enzim akan mengubah senyawa dan akan mempercepat proses suatu reaksi dengan mengubah molekulnya.

Itulah ulasan lengkap dari enzim amilase semoga anda bisa mengerjakan atau pun belajar ilmu biologi dan lebih khusus untuk pelajaran enzim amilase. Kamu juga bisa membagikannya ke teman – temanmu supaya temanmu juga bisa memahami tentang enzim ini. Sekian Terima Kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *