Menu Tutup

Echinodermata

Echinodermata – Untuk kali ini aku akan mengulas tentang hewan laut yang masuk dalam kelompok echinodermata yang merupakan hewan laut yang mempunyai duri, mempunyai gerakan lambat saat berjalan di laut dengan menggunakan kakinya yang berbentuk tabung, dan hewan ini ada di daerah kelaman laut.

Istilah kata dari echinodermata berasal dari bahasa yunani echi yang mempunyai arti yaitu berduri dan derma yang juga mempunyai arti dari bahasa yunani yaitu kulit. Hewan berjenis ini biasanya hidup di air payau atau air laut. Banyak sekali yang bisa kita pelajari dari echinodermata penjelasan tadi hanya sedikit dan masih banyak lagi hal yang akan aku bahas tentang echinodermata di artikel ini.

Echinodermata
Gambar Echinodermata

Hewan Echinodermata

Seperti sudah disinggung tadi diatas bahwa hewan ini itu hidup dilaut dan mempunyai kulit yang berduri, dengan cara jalan menggunakan kaki yang berbentuk tabung dan juga lambat. Hewan ini bukanlah hewan parasit atau menempel pada hewan lain dan mengambil makanannya. Pada hewan echinodermata dewasa mempunyai bagian tubuh yan simetri radial yaitu tubuh yang didistribusikan pada susunan melingkar di poros tengahnya.

Namun pada larvanya echinodermata mempunyai bentuk tubuh yang simetri bilateral atau hewan yang mempunyai tubuh yang berdampingan dengan tubuh yang lainnya dan jika tuubuh tersebut ditarik seperti garis lurus dari depan dan belakang maka anda akan melihat bagian tubuh kanan dan kiri. Biasanya larva echinodermata sering berenang bebas di air, mempunyai tubuh yang transparan, bersilia, dan juga mikroskopis.

  1. Struktur tubuh dan fungsinya dari hewan echinodermata

    Pada hewan ini mempunyai kulit yang kuat yang tersusun dari zat kapur yang mempunyai lima lengan yang bentuknya seperti jari, dan juga organ – organ tubuh yang mempunyai kelipatan lima. Hewan echinodermata ini mempunyai tubuh atau kulit yang kasar karena pada kulitnya terdapat duri dan juga tonjolan seperti kerangka.

    Hewan ini mempunyai berbagai bentuk seperti bintang, bulat memanjang, bulat, pipih, dan juga ada yang seperti tumbuhan. Pada bagian tubuhnya juga ada yang oral (mempunyai mulut) atau aboral (tidak mempunyai mulut). Duri pada hewan echinodermata juga tidak semuanya tajam karena ada juga yang tumpul pendek ataupun panjang tajam.

    Hewan echinodermata juga tidak mempunyai otak dan hewan jenis ini juga mempunyai ambulakral yang digunakan untuk mengatur gerakan.

  2. Sistem organ hewan echinodermata

    Hewan ini mempunyai beberapa sistem organ yang membantu untuk hidup lebih lama yaitu sistem pernapasan, sistem peredaran darah, sistem pencernaan, dan yang terakhir sitem persyarafan. Keempat sistem tersebut mempunyai tugasnya masing – masing dan satu sama lain berbeda fungsinya.

    Untuk sistem pernapasan hewan ini seperti halnya hewan laut yang bernafas menggunakan insang dan hewan ini mempunyai insang di pupula (bagian pada rongga tubuh hewan echinodermata yang berupa tonjolan), Pada sistem peredaran darah hewan ini termasuk dalam golongan yang belum sempurna karena jika digambarkan berawal dari yang ada di bagian mulut lalu bercabang ke setiap kaki tabungnya.

    Sistem pencernaan hewan echinodermata mempunyai mulut, esofagus, anus, usus, dan lambung yang membuat sistem pencernaan dari hewan ini bisa disebut sebagai pencernaan yang sempurna namun pada hewan ini masih belum mempunyao sistem ekskresi atau sistem untuk pengeluaran sisa – sisa hasil pencernaan.

    Yang terakhir adalah sistem persarafan pada hewan ini mempunyai sistem saray yang melingkar membentuk lingkaran atau bisa disebut seperti cincin yang berada pada mulut, dan juga saraf radial yang mempunyai bentuk seperti tali mempersarafi pada bagian lengan atau kaki tabung.

  3. Ciri – Ciri 

    Pada tubuh hewan ini mempunyai 3 bentuk lapisan dan juga mempunyai rongga tubuh yang disebut dengan tripoblastik. Saat masih larva hewan ini mempunyai bentuk simetri bilateral dan setelah menjadi dewasa tubuhnya menjadi simetri radial. Di kulit hewan ini juga mempunyai zat kitin. Hewan ini mempunyai cara bergerak dengan ambulakral yaitu dengan kaki berbentuk tabung dengan lubang kecil yang berfungsi untuk menghisap.

    Pada hewan ini sebenarnya mempunyai pencernaan yang sempurna terkecuali hewan jenis bintang laut yang tidak mempunyai anus, hewan echinodermata ini berkembang biak dengan cara seksual, di permukaan tubuhnya terdapat tonjolan – tonjolan seperti duri, pada hewan ini mempunyai sistem tabung hidrolik.

  4. Reproduksi Hewan Echinodermata

    Hewan ini termasuk hewan yang berkembang biak dengan liar atau bebas secara seksual, yaitu dengan cara hewan echinodermata jantan dan betina melepaskan sel gametnya ke air laut, lalu setelah melepaskannya maka akan terjadi proses fertilisasi yang dilakukan secara eksternal atau melakukannya di dalam laut.

  5. Cara Hidup

    Hewan ini memang hidup dengan bebas namun bukan berarti bisa hidup juga di daratan tetapi hewan echinodermata ini hidup mampu di laut pantai maupun pada laut dalam, hewan ini juga makan jenis hewan seperti plankton atau hewan – hewan atau organisme yang mati dan membusuk itupun tergantung pada jenis hewan ini.

  6. Klasifikasi Hewan echinodermata

     

    Jenis Kelas Echinodermata
    Gambar Jenis Kelas Echinodermata

    Pada hewan ini mempunyai 5 kelas yang membedakan masing – masing hewan, adapun kelas orchoidea, kelas echinoidea, kelas crinoidea, kelas ophiuroidea, dan kelas holothuroidea. Semuanya mempunyai cirinya masing-masing.

    Pada kelas orochoidea mempunyai bentuk yang seperti bintang biasa atau biasa disebut dengan bintang laut, hewan ini sering ditemukan di laut dan juga termasuk hewan dengan jenis terbanyak dalam filum echinodermata, hewan ini juga mempunyai bagian tubuh oral ( mempunyai mulut) dan juga aboral (tidak mempunyai mulut).

    Kelas echinoidea pada hewan kelas ini mempunyai ciri yaitu pada bagian tubuhnya terdapat duri-duri, sebagai contoh hewan ini adalah landak laut dan juga bulu babi merupakan hewan laut yang masuk dalam kelas ini. Bentuk tubuh hewan pada kelas ini juga agak bulat dan tidak mempunyai lengan.

    Kelas crinoidea merupakan hewan yang mempunyai bentuk tubuh seperti bunga atau tumbuhan. Hewan pada kelas ini pun termasuk dalam hewan echinodermata yang sedikit populasinya dibandingkan yang lain, pada tubuh hewan ini tidak mempunyai duri namun jika mempunyai tangkai disebut lilia laut.

    Kelas ophiuroidea merupakan hewan yang mempunyai bentuk tubuh yang bulat memanjang dari permukaan oral ke permukaan yang aboral dan mempunyai lengan yang panjang dan kurus. Kelas holothuroidea merupakan hewan yang mempunyai bentuk tubuh sama dengan kelas ophiuroidea namun hewan ini tidak mempunyai lengan yang lebih panjang dan kurus seperti kelas ophiuroidea.

  7. Peranan echinodermata

    Banyak manfaat yang bisa di ambil dari hewan ini seperti anda bisa mengkonsumsi bulu babi dengan mengambil gonadnya, mentimun laut atau teripang juga bisa di makan dan sering juga indonesia mengekspor teripang ke luar negeri. Hewan ini juga memakan bangkai laut dan bisa mengakibatkan laut menjadi bersih.

Sekian penjelasan dari ini secara lengkap semoga artikel ini mampu membantu pelajaran biologi anda dan bisa menyelesaikan tugas yang sedang anda kerjakan. Sekian, Terima Kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *